Wednesday 24 September 2014

20 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan – Kemarin saya telah mengulas tentang manfaat buah pisang untuk kecantikan dan sekarang saya akan mencoba mengulas tentang manfaat buah pisang untuk kesehatan.
Buah pisang memang banyak sekali khasiatnya selain untuk kecantikan ternyata buah pisang ini sangat bermanfaat juga untuk kesehatan. Karena kandungan vitamin, protein dan zat-zat yang terkandung didalamnya yang mampuh bermanfaat untuk kesehatan baik itu kesehatan tubuh maupun kesehatan yang lainnya. Buah pisang ini bisa didapatkan dengan mudah jadi mengapa harus tidak mengkonsumsinya. Maka dengan itu, mulailah mengkonsumsi buah pisang setiap harinya karena buah pisang ini sangat bermanfaat untuk kesehatan dan buah pisang ini juga tidak akan menimbulkan efek yang buruk pada tubuh.

manfaat buah pisang untuk kesehatan
manfaat buah pisang untuk kesehatan


Perlu anda ketahui diindonesia ini sangat kaya dengan pohon pisang dan hampir semua orang suka pisang maka bagi yang tidak menyukai pisang, sekali lagi mulailah dari sekarang untuk mengkonsumsi pisang karena pisang ini tidak akan menimbulkan efek yang buruk tetapi akan berdampak baik pada kesehatan tubuh anda. Karena saya yakin semua mengnginkan tubuhnya tetap sehat dan lebih jelasnya semua orang menginginkan dirinya tetap sehat. Oh iya, didalam buah pisang ini terdapat beberapa kandungan yaitu kaya akan vitamin dan mineral penting seperti vitamin B kompleks, vitamin C, juga kalium, magnesium, fosfor, zat besi, dan kalsium.
Satu hal lagi, pisang ini banyak sekali jenisnya. Inilah beberapa jenis pisang yang saya ketahui dan bisa anda konsumsi disetiap harinya.

Jenis-jenis Buah Pisang

Berikut ini jenis-jenis dari buah pisang adalah sebagai berikut :
1.    Pisang Mas
Pisang mas adalah salah satu buah yang bentuknya kecil. Rasanya sangat manis dan menimbulkan aroma yang harum. Tidak hanya manisnya saja tetapi pisang ini sangat bermanfat bagi kecantikan maupun kesehatan karena tingginak kandunga mineral dan vitamin yang ada didalmnya.

2.    Pisang Ambon
Pisang ambon adalah pisang yang bentuknya panjang melengkung dan rasanya sangat manis dan juga pisang ini menimbulkan aroma yang harum. Pisang ini mengandung senyawa yang disebut asam lemak rantai pendek yang memelihara lapisan sel jaringan dari usus kecil, secara dramatis meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi. Pisang ini juga salah satu jenis pisang yang sangat enak dikonsumsi.

3.    Pisang Nangka
Pisang nangka adalah salah satu jenis pisang yang bentuknya panjang melengkung rasanya manis. Kebanyakan orang didaerah saya pisang ini sering dijadikan pisang goreng.

4.    Pisang Kapas
Pisang kapas adalah jenis pisang yang bentuknya panjang melengkung rasanyapun manis. Sama halnya dengan pisang nangkan, pisang kapas ini didaerah saya sering dijadikan pisang goreng.

5.    Pisang Tanduk
Pisang tanduk adalah jenis pisang yang bentuk buahnya terlihat besar panjang dan melengkung seperti tanduk. Panjangnya dapat mencapai 30 cm. Pisang ini tidak seperti jenis lainnya, produksi buahnya sangat sedikit. Satu pohon hanya menghasilkan tiga sisir, rata-rata tiap sisirnya terdiri dari 10 buah.

6.    Pisang Bulu
Pisang bulu adalah jenis pisang yang ukurannya sedang namun gemuk bentuknya melengkung dan rasanyapun manis tapi tak semanis pisang mas dan ambon. Pisang ini juga mempunyai daya tahan yang kuat dan tidak mudah busuk maka dengan itu pisang ini sering juga disebut pisang raja bulu. Selain untuk kecantikan pisang ini juga beramanfaat untuk kesehatan.

7.    Pisang Kepok
Pisang kepok dalah salah satu jenis pisang yang bentuknya pendek, besar dan gemuk. Kulit dari pisang ini agak tebal dan pisang ini juga memiliki rasa yang manis. Oh iya, pisang ini juga bermanfaat untuk mengatasi sakit maag dan diare dengan cara sukup mengkonsumsi pisang kapok ini setiap harinya.

8.    Pisang Barangan
Pisang barangan adalah salah satu jenis pisang yang memiliki varietas unggul dari Sumatera Utara, gizi yang tekandung didalam nya mencukupi kebutuhan gizi untuk tubuh dalam 100 gram nya yaitu Energi 110 kal, Karbohidrat 25,8 gr, Protein 1,2 gr dan Vitamin C 3 gr.

9.    Pisang Cavendish
Pisang cavendish adalah salah satu buah yang terlihat putih kekuningan, rasanya manis agak asam dan lunak.
“Nah, itulah ada beberapa jenis pisang yang bermanfaat untuk kesehatan dan bisa dikonsumsi disetiap harinya.” Sebenar jenis-jenis pisang ini juga sudah saya bahas juga di manfaat buah bisang untuk kecantikan untuk mengetahui kebenarannya anda klik saja ok. Setelah diketahu jenis-jenis dari buah pisang, sekarang saya akan membahas manfaat buah pisang untuk kesehatan yang bisa anda pergunakan bagi yang ingin menyehatkan tubuhnya.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Berikut ini ada beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan yang perlu anda ketahui adalah sebagai berikut :

1.    Untuk Mengirangi Rasa Sakit Ketika Haid
Bagi perempuan (masa cowok haid he he he) yang mengalami rasa sakit ketika haid, anda dapat memanfaatkan buah pisang untuk mengurangi rasa sakit ketika haid. Caranya : konsumsi saja buah pisang ketika anda haid, alangkah baiknya sebelum anda haidpun mengkonsumsi buah pisang karena tahap selanjutnya ketika anda haid insya allah tidak akan merasa sakit.

2.    Untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Buah pisang kaya akan vitamin A, C dan B6, nah vitamin inilah yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh anda sehingga tubuh anda tidak akan mudah lemas. Caranya : konsumsi saja buah pisang yang sudah matang setiap hari sekurang-kurangnya 3 buah pisang.

3.    Untuk Mengobati Sakit Maag
Oh iya, diartikel sebelumnya saya telah membahas cara mengatasi sakit maag secara alami. Didalam artikel tersebut saya telah menjelaskan cara mengobati sakit maag dengan bahan-bahan alami. Namun, sakit maag juga ternyata dapat juga diobati dengan menggunakan pisang. Dianjurkan mengkonsumsi pisang kapok untuk mengobati sakit maag ini karena pisang ini mengandung zat penangkal asam tubuh yang dapat mengurangi sakit maag, jika tidak adapun tidak apa-apa dengan memakan pisang dari jenis lain. Caranya : cukup saja anda mengkonsumsi pisang setiap harinya ketika sakit maag menyerang anda. Selamat mencobanya.

4.    Untuk Meningkatkan Mood

Pisang ini ternyata dapat digunakan untuk meningkatkan mood anda. Ketika anda sedang galau atau BT coba saja mengkonsumsi pisang insya allah moodnya akan meningkat dan tidaka akan galau atau BT lagi he he bahkan suasana hatipun akan meningkat stabil dan terus positif. Caranya : konsumsi saja pisang sesuka anda ketika anda sedang kehilangan mood. Cukup mudahkan, coba saja ok.

5.    Untuk Meningkatkan Energi
Buah pisang dapat bermanfaat untuk meningkatkan energy karena kandungan karbohidrat yang ada didalam buah pisang dapat meningkatkan energy tubuh dan dapat tetap kuat ketika beraktivitas. Caranya : cukup saja anda mengkonsumsi 3 buah pisang saja yang sudah matang setiap harinya.

6.    Untuk Menyembuhkan Luka Bakar
Ketika anda mempunyai luka bakar, anda jang bingung karena luka bakar dapat juga disembuhkan dengan memanfaatkan buah pisang karena buah pisang ini dapat mengurangi rasa sakit sekaligus menyembuhkannya. Caranya : sediakan buah pisang secukupnya, kupas dan ambil dagingnya. Setelah itu, haluskan hingga benar-benar halus, lalu oleskan ke luka bakar tersebut, diamkan hinggan kering dan mengelupas sendiri. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinnya hingga luka bakarnya sembuh.

7.    Untuk Mengalirkan Oksigen ke Otak

Buah pisang ini memiliki kandungan potassium yang bermanfaat untuk mengalirkan oksigen ke otak sehingga akan membantu sirkulasi ke otak dan juga dapat mencegah dari tekanan darah tinggi dan stroke. Caranya : cukup saja anda mengkonsumsi buah pisang yang sudah matang setiap harinya kurang lebih 3 buah pisang. Tidak sulitkan bahakan cukup mudah.

8.    Untuk Melancarkan Buang Air Besar
Ketika anda sulit untuk buang air besar. Anda tidak perlu takut karena manfaat buah pisang dapat dipercaya untuk melancarkan buang air besar. Caranya : komsumsi pisang ketika sulit buang air besar samapi buang air besarnya lancar.

9.    Untuk Mengatasi Tekanan Darah Tinggi
Buah pisang ini mengandung kalium yang berfungsi untuk membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit sehingga tekanan darah pun akan stabil. Buah pisangpun mengandung serat yang mampu mengikat lemak dapat  dan mencegah terbentuknya plak yang dapat menimbulkan naiknya tekanan darah dalam tubuh. Caranya : konsumsi buah pisang yang sudah matang secara rutin setiap hari kurang lebih 3-4 buah pisang.

10.    Untuk Mecegah Penyakit Jantung
Sebelum terkena penyakit jantung sebaiknya anda cegah terlebih dahulu dengan memanfaatkan buah pisang. Karena buah pisang ini mengandung vitamin C dan falvonoid yang bersifat antioksidan yang dapat mencegah oksidai lemak yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung. Kandungan kalium didalam buah pisangpun sangat baik untuk jantung dan serat pektinnyapun sangat berpengaruh untuk menurunkan kolestrol. Caranya : konsumsilah buah pisang yang sudah matang setiap harinya kurang lebih 3-4 buah pisang. Jadi, mulailah mengkonsumsi buah pisang karena buah pisang ini dapat mencegah penyakit jantung.

11.    Untuk Mengatasi Anemia atau Kurang Darah
Ketika anda mengalami kekurangan darah atau anemia hal ini dapat diatasi dengan memanfaatkan buah pisang. Karena kandungan zat besi yang terkandung didalam buah pisang mampu untuk menyelamatkan bagi orang yang menderita anemia. Caranya : cukup saja mengkonsumsi 2-3 buah pisang yang sudah matang setiap harinya.

12.    Untuk Mengatasi Gatal Kibat Gigitan Nyamuk
Ketika anda gatal yang disebabkan oleh gigitan nyamuk. Anda tenang saja karena salah satu manfaat dari buah pisang ini mengatasi gatal akibat gigitan nyamuk. Caranya : sediakan pisang yang sudah matang secukupnya, kupas dan ambil kulitnya, lalu tempelkan atau oles-oles kulit pisang tersebut ke kulit yang gatal akibat gigitan nyamuk. Lakukan secara teratur hingga gatalnya hilang.

13.    Untuk Menurunkan Berat Badan
Bagi anda yang sedang diet, anda dapat memanfaatkan buah pisang ini untuk menurunkan berat badan. Karena kandungan yang ada didalam pisang ini mampu bermanfaat untuk menurunkan berat badan selain itu juga, pisang rendah lemak jadi sangat aman bagi anda yang menurunkan berat badan. Tapi dengan catatan tidak boleh memkan pisang dengan hasil digoreng ok karena minyaknya itu yang mengandung lemak dan dapat menggangu proses penurunan berat badan. Caranya : konsumsi saja buah pisang yang sudah matang setiap harinya. Untuk lebih jelasnya diartikel sebelumnya saya telah membahas cara melangsingkan tubuh secara alami dan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Disini tersaji lebih jelas dan lengkap.

14.    Baik Untuk Ibu Hamil
Mengapa Baik ? karena buah pisang mengandung asam folat tinggi yang penting bagi kesempurnaan janin, pembentukan sel-sel baru dan mencegah terjadinya cacat bawaan. Maka dengan itu, buah pisang ini sangat baik bagi ibu yang sedang hamil. Caranya : konsumsi buah pisang ini yang sudah matang setiap harinya.

15.    Untuk Menghaluskan Kaki Kering
Kaki yang kering dapat dihaluskan dengan memanfaatkan buah pisang. Tapi untuk mengobati kaki kering ini cukup dengan kulit pisang saja. Caranya : sediakan kulit pisang secukupnya, lalu terapkan pada kaki yang kering atau pecah-pecah, diamkan selama 10-15 menit, kemudian cuci dengan air hingga hangat bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

16.    Untuk Mencegah Mata Kering

Mata kering dapat diobati sekaligus dicegah dengan menggunakan bahan buah pisang. Karena buah pisang ini kaya akan potasium dan buah pisang akan membantu untuk mengontrol keseimbangan natrium dan pelepasan cairan dalam sel Anda yang dapat mencegah mata menjadi kering. Caranya : cukup saja anda mengkonsumsi buah pisang yang sudah matang setiap harinya. Tidak sulitkan bahkan sangat mudah. Selamat mencobanya.

17.    Untuk Mengatasi Kulit Kering
Kandungan nutrisi yang ada didalam buah pisang dapat bermanfaat untuk pelunakan dan plembaban kulit sehingga kulit yang kering dapat kembali halus selain itu, dapat juga membuang kulit kering yang sudah mati. Caranya : sediakan buah pisang yang sudah matang secukupnya dan satu sendok gula pasir. Setelah itu, kupas pisang dan ambil dagingnya, haluskan dengan cara dibelender hingga benar-benar halus, tuangkan kedalam suatu wadah, tambahkan satu sendok gula pasir, aduk-aduk hingga merata, lalu oleskan pada kulit anda yang kering secara merata, diamkan samapai mongering atu mengelupas sendir atau juga diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap harinya.

18.    Buah Pisang Kaya Akan Vitamin dan Serat
Jika diabndingkan dengan buah apel buah pisang ini lebih unggul kandungannya. Karena buah pisang ini memiliki dua kali lipat karbohodrat dan lima kali lipat vitamin A dan pisang juga kaya akan potassium. Jadi pisang ini sangat baik sekali untuk kesehatan tubuh. Caranya : anda konsumsi saja buah pisang setiap harinya. Karena hal itulah yang dapat membantu menyhatkan tubuh.

19.    Untuk Menghilangkan Jerawat
Jerawat merupakan salah satu penyakit yang sering menyerang pada wajah namun sering juga menyerang bagian tubuh yang lainnya. Untuk kesehatan dan kecantikan tentu saja jerawat ini harus segera dihilangkan dan anda tidak perlu risau karena dengan memanfaatkan buah pisang dapat menghilangkan jerawat. Caranya : sediakan buah pisang yang sudah matang secukupnya, kupas dan ambil dagingnya. Setelah itu, haluskan pisang hingga benar-benar halus bisa dengan menggunakan belender, lalu oleskan pada kulit yang ada jerawatnya, diamkan hingga kering atau mengelupas sendiri atau juga dimkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin dan teratur setiap harinya.

20.    Untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Ketika wajah anda kotor, kasar dan kusam, mungkin anda dapat memanfaatkan buah pisang untuk menghaluskan kulit wajah. Karena wajah yang halus ini menandakan bahwa wajah anda sehat. Caranya : sediakan buah pisang secukupnya, kupas dan ambil dagingnya. Setelah itu, haluskan pisang hingga benar-benar halus, lalu aplikasikan diwajah anda, diamkan hingga kering atau mengelupas sendiri atau juga diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.


!!!
Itulah beberapa manfaat buah pisang untuk kesehatan. Jadi, mulailah mengkonsumsi pisang setiap harinya ok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya. Amin…
Sumber :
-    http://inkesehatan.blogspot.com/2013/10/17-manfaat-buah-pisang-bagi-kesehatan.html

Jangan lewatkan artikel dari manfaat buah yang lainnya yaitu sebagai berikut :
-    Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan Wajah
-    8 Manfaat Buah Tomat Untuk Kecantikan
-    12 Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan Tubuh

Sekian dan terimakasih

Jangan Anda Lewatkan Artikel Menarik di Bawah ini: