Saturday 13 September 2014

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami – Semua orang tahu bahwa rambut adalah mahkotanya bagi setiap orang dan tentunya setiap orang harus menjag dan merawatnya dengan baik. Wanita terutama ! mereka rela mengeluarkan uang dengan jumlah yang sangat besar untuk perawatan rambutnya karena ingin terlihat indah dan berkilau. Apalagi mengalami kerontokan dan kering tentunya ini adalah suatu masalah besar karena hal ini sangat menganggu sekali pada penampilan dan membuat tidak percaya diri ketika beraktivitas. Namun, kali anda tidak perlu pusing dan mengeluarkan kocek yang besar lagi karena diartikel Berita Sehat Lengkap ini akan menyajikan cara mengatasi rambut rontok dan kering. Tetapi sebelumnya, mari kita ketahui dulu definisi rambut dan apa yang menyebabkan rambut rontok dan kering. Setelah itu, baru cara untuk mengatasinya. Baca sampai tuntas yak arena ada tips cara yang mungkin sangat mudah untuk anda lakukan.

tips cara mengatasi rambut rontok dan kering
cara mengatasi rambut rontok dan kering

Rambut

Rambut adalah mahkotanya bagi setiap orang. Karena rambut terletak di bagian atas kepala dan menghiasi kepala kita. Yang namanya mahkota, tentu saja harus dijaga dengan baik dan benar. Karena jika rambut rontok dan kering , itu bisa merusak penampilan dan tidak indah dilihatnya dan lebih jelasnya ini adalah suatu masalah yang harus segera teratasi.

Penyebab Rambut Rontok dan Kering

Semua akibat pasti ada penyebabnya, sama dengan hal ini yang mengakibatkan rambut rontok dan kering penyebabnya adalah sebagai berikut :

1.    Penyebab Rambut Rontok

Penyebab rambut rontok adalah sebagai berikut :

a.    Disebabkan Oleh Perubahan Hormon

Perubahan hormone ini dapat mengakibatkan rambut rontok sementara karena ketidak seimbangannya hormone. Hal ini bisa disebabkan oleh orang yang melahirkan, kehamila, berhenti menggunakan pil KB dan sebagainya.

b.    Terlalu Sering Mewarnai Rambut

Hati-hati dengan pewarna rambut karena hal ini dapat berdampak buruk pada rambut. Karena pewarna ini kebanyak mengandung bahan kimia, jika terlalu sering mewarnai rambut dengan cara yang salah dan tidak teratur maka hal ini akan mengakibatkan kerontokan pada rambut.

c.    Disebabkan Oleh Sters

Stress dapat mengakibatkan kerontokan pada rambut. Mengapa demikian? Karena ketika stress dampaknya pada seluruh tubuh dalam hal ini adalah rambut karena hormon pada rambut jadi tidak berfungsi pada saat itu tidak ada reproduksi rambut baru sehingga ketika rambut rontok tidak ada pertumbuhan rambut baru yang menggantikannya. Jadi, kurangi hidup anda dengan kestresan jika tidak ingin rambutnya rontok.

d.    Disebakan Oleh Infeksi Pada Kulit Kepala

Memang infeksi ini suka mengakibatkan rambut menjadi rontok karena disebabkan oleh infeksi pada kulit kepala seperti penyakit kurap ini akan mengakibatkan kerontoka karena kurap ini akan menyerang kulit kepala dan rambut.

e.    Disebabkan Oleh Penyakit

Penyakit ini bisa mengakibatkan kerontokan pada rambut. Biasanya bagi yang memiliki penyakit diabetes dan lupus. Rambut akan menjadi rontok bagi yang mempunyai penyakit tersebut.
“Itulah 5 hal penting yang mengakibatkan rambut rontok. Untuk lebih jelas dan lengkapnya baca saja diartikel ini 13 Penyebab Rambut Rontok disini tersaji lebih jelas dan lengkap.”

2.    Penyabab Rambut Kering

Penyebab yang mengakibatkan rambut kering adalah sebagai berikut :

a.    Sering Terkena Sinar Matahari

Ini hal yang sering dijumpai jika sinar matahari langsung tertuju pada rambut tanpa pelindung hal ini akan mengakibatkan rambut menjadi kering apalagi jika terlalu sering ini malah akan lebih berdapampak buruk lagi. Gunakan kerudung atau topi ketika anda keluar diwaktu matahari bersinar terik.

b.    Mengeringkan Rambut Dengan Cara yang Salah dan Berlebihan

Bayank orang mengeringkan rambutnya ketika selesai keramas  dan keadaan basah dengan mengunakan hair dryer. Berhati-hatilah karena jika caranya salah apalgi berlebihan rambut anda akan menjadi kering yang tidak alami dan berdampak buruk pada rambut. Sebaiknya, keringkan rambut anda dengan cara alami saja ok.

c.    Terlau Sering dan Jarang Berkramas

Jikan terlalu sering dan jarang berkeramas kedua hala ini akan berdampak buruk pada rambut dan jika terlalu jarang rambut akan menjadi kering jika terlalu sering kerusakannlah yang akhirnya didapat oleh rambut. Maka dengan itu, berkramaslah secukupnya yaitu tiga kali dalam sehari.

d.    Menggunkan Hair Drayer Terlalu Panas dan Dekat

Hindari menggunakan hair dryer terlalu panas dan dekata karena hal ini akan mengakibatkan kekeringan pada rambut yang tidak normal.
“Itulah penyebab dari yang dapat mengakibatkan rambut kering yang harus anda hindari ketika rambut anda dalam keadaan sehat.” Nah, jika rambut anda dalam keadaan rontok dan kering bacalah selengkapnya dibwah ini cara mengatasi rambut kering dan rontok secara alami yang bisa anda gunakan dengan cara yang mudah dan aman.

Cara Mengatasi Rambut Rontok dan Kering Secara Alami

Berikut ini ada beberapa tips cara mengatasi rambut kering dan rontok yang sewaktu-waktu bisa anda gunakan adalah sebagai berikut :

1.    Dengan Kemiri

Kemiri memang sangat cocok untuk mengatasi rambut rontok dan kering. Perhatikannya secara teliti ya soalnya lumayan agak rumit dan panjang. Caranya: sediakan kemiri scukupnya atau sesua dengan kerusakan rambut anda. Setelah itu, tumbuk secara kasar, goreng dengan tidak menggunakan minyak, angkat dan tumbuk kembali hingg menghasilkan minyak. Kalau sudah, oleskan minyak tersebut pada rambut secara merata, diamkan selama 15-20 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih dibantu dengan shampoo. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

2.    Dengan Cuka Apel

Cuka apel ini ternyata sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan kering. Karena cuka apel ini mengandung alpha-hidroxy acids yang berfungsi untuk mengusir kotoran yang menempel pada kulit kepala. Caranya: sediakan ½ gelas cuka apel dan ¼ gelas air putih bersih. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut, aduk hingga merata, lalu berkeramaslah dengan ramuan tersebut, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

3.    Dengan Lidah Buaya

Lidah buaya ini memang sangat bagus untuk perawatan rambut baik itu rambut rontok, kering, becabang dan sebabaginya. Maka untuk itu kandungan yang ada didalam lidah buaya mampuh untuk mengatasi rambut rontok dan kering karena hasilnya rambut akan terlihat indah dan berkilau terutama rambut menjadi terlihat sehat. Caranya: sediakan lidah buaya secukupnya, belah dan ambil gel-nya, lalu oleskan gel lidah buaya tersebut pada seluruh rambut secara merata, diamkan hingga 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

4.    Dengan Daun Seledri

Seledri in sebenarnya sebagai bumbu yang digunakan untuk penyedap makanan. Namun, seledri ini dapat juga digunakan untuk mengatasi rambut rontok dan kering. Karena seledri ini mengandung vitamin A, vitamin B, natrium dan zat besi yang berfungsi untuk menyuburkan dan menyehatkan rambut sehingga rambut menjadi sehat dan terlihat indah dan berkilau. Caranya: sediakan daun seledri secukupnya, haluskan dengan dibelender, campurkan dengan satu telur ayam kampong, aduk-aduk hingga merata, lalu oleskan pada rambut secara merata, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

5.    Dengan Buah Alpukat

Buah alpukat ternyata bisa dijadikan solusi untuk mengatasi rambut rontok dan kering. Kandungan asam lemak yang ada didalam alpukat ternyata berfungsi untuk pelmbab bagi rambut yang kering dan sekaligus mengatasi rambut yang rontok. Caranya: sediakan alpukat secukupnya, belah dan ambil dagingnya. Setelah itu, simpan daging alpukat kedalam suatu wadah, aduk hingga seperti pasta yang kental, lalu oleskan dimulai dari akar rambut hingga ujung rambut, diamkan selama 10-15 menit, kemudian cuci dengan air samapi bersih dibantu dengan shampoo yang sering anda gunakan. Lakukan secara rutin setiap harinya.

6.    Dengan Minyak Kelapa

Minyak kelapa ini bisa dijadikan solusi untuk mengatasi rambut rontok dan kering. Caranya: sediakan minyak kelapa secukupnya, oleskan pada kuli kepala dan seluruh rambut, pijat secara halus ketika melakukan pengolesan, diamkan Selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lakukan secara rutin setiap harinya.

7.    Dengan Teh Hijau

Tahukah anda? Teh hijau ini ternyata dapat bermanfaat untuk perawatan rambut rontok dan kering. Karena kandungan anti oksidan didalam teh hijau mampuh melindungu rambut dari paparan polusi, meningkatkan rambut menjadi berkilau, menyejukan kulit kepala, menghilangkan ketombe serta mengurangi rasa gatal dikepala dan menjadikan rambut jadi sehat. Caranya: sediakan teh hijau secukupnya, seduh teh hijau dengan air panas, endapkan semalaman, kesokan paginya, bilaskan kekulit kepala dan rambut sambil dipijat-pijat, diamkan hingga 10-15 menit, lalu bilas dengan air hingga bersih. Lakukan cara ini secara rutin setiap harinya.

!!!
Itulah beberapa tips cara mengatasi rambut rontok dan kering secara alami yang bisa anda bilih salah satunya untuk mengatasi rambut rontok dan kering anda. Semoga artikel tips cara ini dapat bermanfaat. Aminnn.
Baca juga artikela menarik perawatan rambut berikut ini : Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami dan Tradisional
Jika anda memiliki tips cara yang lebih ampuh sesuai dengan pengalaman anda boleh dituliskan dikomentar.
Sumber : http://www.duniainter.net/cara-mengatasi-rambut-rontok/
http://inkesehatan.blogspot.com/2014/05/mengatasi-rambut-rontok.html

Sekian dan terimakasih