Friday 20 March 2015

Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami dan Ampuh

Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami dan Ampuh – Iritasi kulit merupakan suatu gangguan yang sangat menganggu sekali pada bagian kulit tubuh, terutama kulit bagian wajah. Maka dari itu, jangan biarkan kulit Anda teriritasi namun jika sudah terjadi tenang saja, karena didalam kesempatan kali ini saya akan mencoba share tentang cara mengatasi iritasi kulit secara alami yang bisa dilakukan dengan cara yang mudah oleh Anda.

Cara Mengatasi Iritasi Kulit
tips mengatasi iritasi kulit
 
Perlu deketahui juga bahwa iritasi kulit ini bisa terjadi diakibatkankan oleh beberapa penyebab. Namun sebelumnya kita ketahui dulu definisi dari iritasi kulit.

Apa itu Iritasi Kulit?

Iritasi kulit merupakan suatu masalah kulit yang dapat disebakan karena udara terlalu lembab atau karena kulit bersentuhan langsung dengan bahan kimia. Maka dari itu, hindarilah hal tersebut jika tidak ingin kulitnya rusak.

Gejala Iritasi Kulit

Setelah mengetahui sedikitnya tentang definisi dari iritasi kulit, sekarang kita ketahui sedikitnya tentang gejala iritasi kulit. Gejalanya yaitu sebagai berikut:
1.    Kulit Kemerahan
Jika kulit dibagian tubuh Anda berubah menjadi kemerahan, nah hal itu merupakan gejala awal terjadinya iritasi kulit. Maka berhati-hatilah dengan hal ini.

2.    Gatal-Gatal Pada Kulit
Terkadang ketika kita sudah beraktivitas dan mengeluarkan keringat berlebih suka mengalami gatal-gatal, nah berhati-hatilah dengan gatal-gatal tersebut karena kulit sedang kotot disebabkan oleh keringat dan itu merupakan gejala dari iritasi kulit. Maka saya sarankan mandilah segera ok.

3.    Kulit Kering
Gejala yang mungkin sering terjadi juga yaitu dibagian kulit tubuh menjadi sedikit kering, nah itu merupakan gejala iritasi kulit yang mungkin terjadi dibeberapa titik kulit dibagian tubuh Anda.

4.    Bersisik atau Radang
Setelah mengalami kulit kering biasa kulit terkadang bersisi menyerupai peradangan pada kulit atau dengan kata lain kulit menjadi kasar karena kering, nah hal ini merupak gejala juga dari iritasi kulit.

5.    Benjolan dan Nyeri Pada Kulit
Jika megalami benjolan dan diiringi dengan rasa nyeri yang mungkin tansebab yang pasti pada kulit, nah jangan heran dan waspadalah karena hal itu merupakan gejala awal juga dari terjadinya iritasi kulit.

6.    Sensasi Terbakar
Kulit terkadang terasa terbakar dan biasanya kulit menjadi kering tanpa sebab yang pasti, jangan heran tapi Anda hrus waspada karena hal itu merupakan gejala awal dari iri tasi kulit.

7.    Ruam dan Pecah-Pecah
Ruam dan pecah-pecah yang terjadi pada bagian kulit tubuh ini merupakan suatu gejala awal iritasi kulit yang sering terjadi. Biasanya hal ini sering terjadi pada kulit tangan, bagian kaki, wajah dan sebagainya.
“Nah, itulah ketujuh gejala iritasi kulit yang penting sekali kita ketahu dan waspadai agar tidak terkenan iritasi kulit.”

Penyebab Iritasi Kulit

Setelah mengetahui beberapa gejala dari iritasi kulit, sekarang mari kita ketahui penyebab terjadinya iritasi kulit yang harus dihindari, yaitu sebagai berikut:
1.    Kosmetik
Mengapa kosmetik bisa menjadi penyebab terjadinya iritasi kulit? Karena kosmetik yang Anda gunakan tidaklah cocok dengan kulit tubuh Anda dan kosmetik terkadang menggunakan beberapa bahan kimia. Nah, jika ingin menggunakan produk kosmetik untuk perawatan kulit sebaiknya konsultasi dulu dengan ahlinya agar tidak terjadi iritasi kulit. Tapi untuk mengurang pengeluaran sebaiknya beralih ke perawatan kulit yang alami seperti  perawatan kulit wajah bisa menggunakan tips dari saya yaitu cara merawat wajah secara alami. Mungkin hal itu dapat membantu. Namun, itu semua diserahkan kepada Anda semua.

2.    Sabun
Sabun yang mungkin sering digunakan oleh Anda akan menjadi penyebab iritasi kulti. Nah, itu semua karena sabun yang Anda gunakan tidak cocok degan kulit, sabun sudah lama ataupun sudah kadaluarsa. Hindari hal ini ok. gunakanlah sabun yang cocok dengan kulit Anda dan lihat juga tanggal kadaluarsanya.

3.    Kotoran dan Debu
Kotoran ataupun debu yang menempel kebagian kulit tubuh Anda akan menjadi penyebab terjadinya iritasi kulit. Maka hindarilah kotoran dan debu ini agar tidak menempel pada kulit Anda.

4.    Paparan Sinar Matahari
Iritasi kulit ini bisajuga disebabkan oleh paparan sinar matahari yang sangat terik yang langsung terkena pada bagian kulit tubuh Anda terutama wajah. Maka dari itu, hindarilah paparan sinar matahari yang sangat terik.
“Nah, itulah beberapa penyebab iritasi kulit yang harus dihindari agar kulit Anda terhindar dari iritasi kulit”. Sekarang saatnya kita ketahui cara mengatasi iritasi kulit secara alami yang bisa dengan mudah, murah, aman, dan ampuh oleh Anda.

Cara Mengatasi Iritasi Kulit Secara Alami

Iritasi kulit merupakan suatu masalah yang menganggu kulit tubuh yang harus segera disembuhkan, nah inilah cara untuk mengatsi dan menyembuhkannya yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Mentimun
Mentimun ini selain enak dikonsumsi ternyata dapat diandalkan juga untuk mengatasi iritasi kulit dibagian tubuh. Caranya: sediakan mentimun secukupnya. Setelah itu, cuci dengan air hingga bersih, lalu iris-iris setipis mungkin. Kemudian tempelkan irisan mentimun tersebut pada bagian kulit yang teriritasi. Lakukan secara rutin hingga sembuh ok.

2.    Dengan Kompres Dingin
Lakukanlah pengompresan dengan suhu dingin pada bagian kulit yang teriritasi nah hal ini pada bagian kulit yang mengalami pembekakan dan rasa nyeri pada bagian kulit tubuh Anda. Caranya: sediakan kain atau handuk kecil dan air dingin. Setelah itu, rendam kain atau handuk tersebut pada air dingin yang telah disedakan tadi, lalu peras kain tersebut, kemudian letakan pada bagian kulit yang terkena iritasi. Lakukan secara rutin dan teratur setiap harinya hingga sembuh.

3.    Dengan Baking Soda
Baking soda ini ternyata diketahui dapat diandalkan untuk mengatasi iritasi kulit pada bagian kulit tubuh. Caranya: sediakan baking soda dan sedikit ari. Setelah itu, campurkan dan aduk hingga menjadi pasta (pasta baking soda), kemudian oleskan pada bagian kulit yang teriritasi. Selamat mencobanya dan lakukan secara rutin setiap harinya hingga sembuh.

4.    Dengan Sari Apel
Apel ini merupakan jenis buah-buahan yang banyak manfaatnya diantaranya untuk kesehatan kulit, bisa Anda ketahui di manfaat buah-buahan untuk kesehatan kulit. Nah, selaim itu juga dapat diandalkan untuk mengatasi iritasi kulit namun yang digunakan dalam hal ini sari apelnya saja. Caranya: sediakan sari apel dan kapas secukupnya. Setelah itu, celupkan kapas pada sari apel, lalu oleskan pada bagian kulit yang terkena iritasi. Lakukan secara rutin dan teratur disetiap harinya hingga sembuh.

5.    Dengan Madu dan Telur
Campuran madu dan telur ini dapat diandalakan untuk mengatasi iritasi kulit khususnya pada bagian wajah. Caranya: sediakan madu dan satu butir telur. Setelah itu, campurskan telur dan ditambahkan sedikit madu, aduk-aduk hingga merata, lalu gunakan campuran madu dan telur tersebut untuk masker wajah, diamkan selama 15 menit. Kemudian cuci wajah dengan air hingga bersih. Selamat mencobanya.

6.    Dengan Madu dan Kayu Manis
Campuran dari kedua bahan tersebut ternyata dapat menyembuhkan iritasi kulit pada bagian tubuh. Caranya: sediaka 2 sdm madu dan 2 sdm kayu manis. Setelah itu, campurkan kedua bahan tersebut, aduk-aduk hingga membentuk pasta, lalu gosokan atau oleskan pada bagian kulit yang terkena iritasi, diamkan hingga kering. Kemudian bilas dengan air hingga bersih.

!!!
Itulah beberapa cara mengatasi iritasi kulit secara alami dan ampuh yang bisa dilakukan oleh Anda untuk mengatasi iritasi kulitnya. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin…
Sumber: http://www.merdeka.com/gaya/9-cara-mengatasi-iritasi-kulit.html

!!
Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Berita Sehat Lengkap. Jika memang ada tips yang lebih ampuh dari tips cara diatas ataupun ada kritik dan sarannya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.

!
Jangan lewatkan artikel terkait sebelumnya berikut ini:
•    Jenis Makanan Sehat Untuk Awet Muda
•    Jenis Makanan Untuk Kesehatan Kulit
•    Cara Memutihkan Kulit Wajah Secara Alami dan Cepat
•    Cara Alami Memutihkan Kulit Tubuh Agar Terlihat Cantik
•    Manfaat Buah-Buahan Untuk Kesehatan Kulit
•    Tips Menjaga Kesehatan Pria Dengan Mudah

Sekian dan terimakasih.

Jangan Anda Lewatkan Artikel Menarik di Bawah ini: