Saturday 7 February 2015

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya – Penyakit jantung merupakan salah satu jenis penyakit yang sangat mematikan. Maka dari itu, kita harus mewaspadai penyakit ini dan jangan sampai terkena oleh penyakit ini. Karena begitu banyak orang di Indonesia ini yang meninggal dikarenakan terserang oleh penyakit jantung. Seiring dengan itu saya didalam kesempatan kali ini akan mencoba share untuk Anda semuanya yaitu mengenali ciri-ciri gejala awal  penyakit jantung dan cara mencegahnya. Mengapa harus kita ketahui hal ini? Karena jika kita sudah mengetahui gejala tersebut maka langkah kita yaitu mencegah penyakit jantung ini agar tidak terserang oleh penyakit ini. Ingat ya sahabat-sahabatku mencegah lebih baik dari pada mengobati. Maka kenali lalu cegah penyakit jantung ini. Nah, sekarang sebelum kecara untuk mencegahnya terlebih dahulu kita ketahui dulu gejala dari penyakit jantung.

Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya
cegah segera penyakit jantung

Ciri-Ciri Gejala Penyakit Jantung

Setelah mengetahui sedikitnya tentang apa itu penyakit jantung sekarang yang harus kita kenali lagi agar kita tetap waspada terhadap penyakit jantung ini yaitu gejala dari penyakit jantung ini. Nah, gejalanya yaitu sebagai berikut:

1.    Nyeri Dada

Nyeri dada ini merupakan gejala dari tejadinya penyakit jantung yang umum terjadi pada orang yang bersangkutan. Namun jangan takut karena tidak semua sakit pada dada itu merupakan gejala awal penyakit jantung bisa saja penyakit biasa yang lain. Tetapi kita juga harus waspada karena nyeri dada ini merupaka gejala dari penyakit jantung juga. Mengapa hal ini tejadi? Karena adanya penyumbatan arteri yang mengakibatkan aliran darah ke seluruh tubuh tidak lancar. situasi ini juga bisa mengakibatkan mati rasa serta kelemahan tubuh. Nah, itulah mengapa nyeri dada disebutkan sebagai gejala dari penyakit jantung karena disebabkan oleh hal tersebut diatas.

2.    Sakit Kepala

Sakit kepala ini ternyata salah satunya merupakan ciri gejala awal terjadinya penyakit jantung. Namun tidak semua sakit kepa merupakan gejala penyakit jantung karena bisa saja hanya sakit kepala biasa saja. Tetapai mewaspadai hal ini tetap harus kita lakukan ok. Hal ini bisa disebut gejala dari penyakit jantung jika seseorang ketika terkena sorotan cahaya matahari mereka ini biasanya mengalami kesakitan pada bagian jantungnya dan juga memiliki pengaruh denyut jantung yang lebih cepat atau lebih lambat. Menurut para pakar penelitian yang berdasarkan studi yang telah diterbitkan oleh American Academy of Neurology penyebab sakit kepala pada penderita jantung ini terjadi akibat penyimpangan sirkulasi darah. Maka dari itu, ketika mengalami sakit kepala dan mengalami rasa nyeri pada jantung kita tetap harus mewaspadai hal ini.

3.    Rasa Lelah

Ketahuilah jika anda mengalami rasa lelah tanpa beraktivitas yang begitu berate hal tersebut ternyata bisa juga dikatakan sebagai gejala awal dari penyakit jantung dan perlu di ketahui juga rasa lelah dan capek ini sering dirasakan pada saat bangun tidur. Nah, saran dari saya jika Anda mengalami hal ini sebagilknya Anda segera melakukan pemeriksaan kedokter agar ditangani lebih lanjut apakah ada masalah dengan jantung atau tidak.

4.    Keluar Berkeringat

Ketika Anda tidak sama sekali melakukan olahraga tetapi keringat tetap keluar hal ini bisa terdeteksi dan kita harus tetap mewaspadainya karena bisa jadi ada masalah dengan jantung anda. Itlah sebabnya hal ini bisa dikatakan ciri gejala dari penyakit jantung.

5.    Rasa Mual

Hal ini bisa disebutkan ciri gejala dari penyakit jantung jika pada awal-awalnya mengalami pembekakan pada perut sehingga nafsu makan berkurang dan selanjutnya mengalami rasa mual yang berlebih. Ingat ya waspadai hal ini karena hal ini juga disebutkan sebagai gejala awal dari terjadinya penyakit jantung.

6.    Rasa Cemas

Tahukah anda? Bahwa dari sekian banyak orang mempercayai serangan jantung berakhir pada gejala trauma. Sehingga bagi orang yang dulunya mengalami penyakit jantung akan merasakan ketegangan, kecemasan, ketakutan. Namun sebenarnya rasa cemas inilah yang menjadi penyebab serangan jantung datang lebih sering. Maka dari itu, saya sarankan sebisa mungkin Anda harus tetap tenang dan jangan cemas ok.

7.    Mengalami Rasa Sakit Pada Tubuh

Perlu diketahui juga bahwa dengan mengalami rasa sakit pada bagian tubuh merupakan salah satu ciri gejala dari penyakit jantung. Rasa sakit ini jika dialami wanita akan megalami rasa sakitnya pada kedua lengannya. Namun, jika terkena pada pria akan mengalami rasa sakit pada bagian tangan kirinya. Tetapi selain hal tersebut rasa nyeri ini juga bisa terjadi pada bagian punggung, siki, bahu, dan leher. Nah, mengalami nyeri pada bagian sisi tubuh tersebut disebabkan oleh berlangsungnya penyumbatan arteri. Maka dari itu, hal ini disebut juga gejala dari penyakit jantung.

8.    Denyut Jantung yang Tidak Teratur

Jika Anda mengalami denyut jantung yang tidak teratur, ketahuilah Anda harus mewaspadinya karena bisa jadi itu gejala dari penyakit jantung yang disebabkan oleh ada penebalan otot pada katup jantung. perihal ini mengakibatkan berlangsung penyempitan pada katup hingga mengakibatkan kebocoran. Ingat ya waspadai hal ini.

9.    Sesak Napas

Ternyata sesak napas ini salah satunya merupakan gejala dari penyakit jantung. Hal ini bisa disebutkan gejala penyakit jantung dikarenakan penebalan pembuluh darah yang menghalangi pasokan darah ke seluruh tubuh. Sehingga menyebabkan denyut jantung tidak teratur, kelainan organ hati atau infeksi penebalan otot jantung, dan kelainan pada katup jantung. Maka dari itu, walaupun semua sesak napas tidak disebutkan semuanya gejala penyakit jantung tetapi mewaspada hal ini harus tetap dilakukan.

10.    Pembekakan

Pembekakan ini merupakan salah satu ciri gejala terjadinya penyakit jantung. Mengapa hal tersebut dikatakan sebagai gejala penyakit jantung? Karena adanya pembekakan yang berslangsung saat cairan menumpuk didalam tubuh. biasanya berlangsung di bagian pergelangan kaki serta perut. Nah, sehingga tanda-tanda inipun merupakan sinyal besar bahwa jantung Anda mengalami kecacatan dan kelainan pada ketup jantung. Maka dari itu, waspadai hal ini agar tidak terkena oleh penyakit jantung yang sangat mematikan ini.
“Nah, itulah gejala dari penyakit jantung pada umumnya yang sangat penting kita ketahu”.
Setelah kita mengenali dan mengetahui ciri-ciri gejala penyakit jantung, sekarang mari kita ketahui cara mencegah penyakit jantung. Mengapa harus dicegah? Karena ini merupakan penyakit yang mematikan dan yang terbaik adalah mencegah dari pada untuk mengobati.

Cara Mencegah Penyakit Jantung

Merujuk pada pembahasa diatas bahwa ternyata penyakit jantung ini sangat mematikan maka langkah kita selanjutnya yaitu mencegah agar kemungkinan besarnya kita tidak terkena penyakit ini. Cara mencegahnya yaitu sebagai berikut:
1.    Dengan Tidak Merokok
Ketahuilah bahwa dengan merokok kemungkinan besar terkena penyakit jantung bisa terjadi. Mengapa? Karena bahwa zat kimia seperti nikotin dan karbon monoksida adalah racun bagi tubuh yang masuk ke dalam aliran darah. Sehingga pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya penyakit jantung.

2.    Dengan Mengkonsumsi Makanan Yang Kaya Serat
Sebaiknya anda perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak seratnya karena hal ini akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung ini. Makan yang kaya serat ini bisa didaptkan pada buah-buahan dan sayur-sayuran.

3.    Dengan Menjauihi Makanan Yang Mengandung Banyak Kolestrol
Jika tidak ingin terkena penyakit jantung sebaiknya Anda menjauhi makanan yang mengandung banyak kolestrol. mengapa? Karena jenis makanan ini bisa disebutkan penyebab dari terjadinya penyakit jantung

4.    Dengan Menauhi Makanan Yang Mengandung Alkohol
Ingat jika tidak ingin terkena penyakit jantung sebaiknya Anda hindari dan jauhi mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak alkohol karena hal ini dapat menyebabkan terjadinya penyakit jantung.
 “Nah, itulah sedikit caranya untuk mencegah penyakit jantung, namun jika Anda sudah terlanjur terkena penyakit jantung segralah menghubungi dokter yang bersangkutan”.


!!!
Itulah informasi tentang gejala penyakit jantung dan cara mencegahnya yang harus dikenali dan dilakukan pencegahannya agar Anda tidak terkena penyakit jantung yang mematikan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk semuanya. Amin…
Sumber:
•    http://styleter-kini.blogspot.com/2013/10/ciri-ciri-gejala-awal-sakit-jantung.html
•    http://manfaatnyasehat.blogspot.com/2014/05/gejala-penyakit-jantung.html

!!
Jangan lupa juga untuk terus berkunjung ke-blog Berita Sehat Lengkap. Jika memang ada tips yang lebih ampuh dari cara diatas ataupun ada kritik dan sarannya, boleh dituliskan dikomentar. Oh iya, jangan lupa dishare juga ketemen-temen anda jika memang artikel ini sangat bermanfaat.

!
Jangan lewatkan artikel terkait sebelumnya berikut ini:
•    Gejala Kanker Otak dan Cara Mencegahnya
•    Cara Mencegah Kanker Serviks dengan Mudah
•    Cara Ampuh dan Alami Mengobati Diabetes
•    Tips Hidup Sehat yang Berkualitas dan Sederhana
•    Tips Mengatasi Terlambat Datang Bulan Secara Alami

Sekian dan terimakasih.