Saturday 11 July 2015

Cara Pencegahan Penyakit Jantung

Cara Pencegahan Penyakit Jantung - Lebih baik mencegah daripada mengobati. Mencegah tidak hanya dapat dilakukan dengan biaya yang jauh lebih murah, akan tetapi juga sangat baik dalam menjaga kelancaran keseluruhan aktifitas Anda. Oleh sebab itu kami berikan tips yang baik cara pencegahan penyakit jantung.
Penyakit jantung menyerang tubuh manusia ditandai dengan tidak stabilnya kinerja jantung. Hal ini bisa disebabkan oleh perilaku kita sendiri, atau bisa juga karena factor bawaan, genetikal atau keturunan. Apapun kondisinya, langkah pencegahan resiko terkena penyakit jantung sangat baik dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh kita.

Cara Pencegahan Penyakit Jantung
Cara mencegah penyakit jantung
 

Cara Mencegah Terkena Serangan Penyakit Jantung

Ada banyak cara dan berbagai tips yang dapat Anda simak dan lakukan dalam rangka menjaga kesehatan jantung kita. Berikut beberapa cara pencegahan penyakit jantung yang dengan ijin Tuhan bisa Anda lakukan dan menjamin sehat dari penyakit jantung.
1.    Terapkan Pola Hidup Sehat
Menerapkan pola hidup sehat adalah bagian penting dari kesehatan dan kebugaran tubuh kita. Penerapan pola hidup sehat ini sangat terkait dengan perilaku kita pada kebersihan, semangat hidup, olahraga teratur dan juga konsumsi makanan yang sehat dan teratur.

2.    Rutin Gerakkan Tubuh Anda dengan Jalan Kaki
Lakukan pergerakan secara rutin dengan berjalan kaki. Jika selama ini Anda sangat senang dengan mengendarai kendaraan ke manapun Anda pergi, maka mulailah melangkah dengan menggunakan kaki Anda, setidaknya 30 menit sehari. Hal ini akan membantu pembakaran lemak tubuh. Lemak tubuh yang terlalu banyak mempunyai potensi menyempitkan pembuluh darah, atau bahkan menutup pembuluh darah. Hal ini berbahaya bagi kesehatan jantung.

3.    Atur Pola Makan yang Baik
Mengatur pola makan yang baik adalah dengan melakukan konsumsi sewajarnya, tidak berlebihan dan menyesuaikan dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. Mengatur pola makan yang baik terkait dengan pengetahuan yang baik terhadap kebutuhan kalori dan nutrisi sesuai dengan tubuh Anda masing-masing. Misalnya, jika Anda seorang yang cenderung gemuk, maka kurangi makanan berkalori tinggi. Jika Anda menyukai olah raga ringan, maka hindari banyak makanan daging dan perbanyak makanan sayur. Akan tetapi jika Anda seorang atlet olahraga yang membutuhkan banyak energy, maka konsumsilah makanan berklaori tinggi ataupun konsumsi daging dan telur yang betul-betul sesuai dengan kebutuhan aktifitas harian Anda.

4.    Pilih Makanan yang Sehat
Memilih makanan yang baik sangat tergantung dengan kondisi fisik, kesehatan, dan juga aktifitas harian Anda. Oleh karena itu penting Anda mengetahui diri Anda sendiri, mengukur kebutuhan makanan apa saja yang layak Anda konsumsi.
Berbagai makanan yang sehat untuk mencegah terjadinya jantung koroner adalah sayur dan buah-buahan. Sayur mayur mengandung serat yang baik menjaga kebersihan usus dari tempelan lemak yang menumpuk. Semakin bersih usus Anda, maka serapan nutrisi yang siap edar ke seluruh tubuh juga dapat berjalan baik.
Sementara buah-buahan adalah anti oksidan terbaik, menangkal berbagai radikal bebas. Untuk mencegah potensi sakit jantung, buah yang paling tepat dikonsumsi adalah buah tomat. Baik itu dijus, dimakan langsung atau Anda campurkan ke makanan harian Anda, seperti pada sayur makanan.

5.    Olaharaga
Lagi-lagi harus ditekankan bawah olahraga teratur sangat membantu menjaga stabilitas kinerja jantung. Dengan olahraga yang teratur sesuai dengan kondisi fisik dan kesehatan Anda membantu jantung Anda semakin sehat. Olahraga ringan seperti jalan kaki, senam ringan, yoga dan lain sebagainya dapat Anda coba disela-sela aktifitas harian Anda.

6.    Ganti Cemilan dengan Olahraga Ringan
Memperkuat bagaimana menerapkan pola hidup sehat yang tepat, maka ganti camilan Anda saat santai atau nonton televisi dengan melakukan pergerakan ringan tubuh Anda. Camilan sangat mempengaruhi simpanan kalori tubuh dan berisiko obesitas. Oleh karena itu ini juga tidak baik untuk kesehatan jantung.
Belilah barbell atau perangkat olahraga ringan yang dapat Anda manfaatkan sambil nonton televisi. Atau lakukan senam ringan pada saat menonton televisi.

7.    Perbanyak Minum Air Putih
Minum air putih adalah cara sehat yang disarankan oleh banyak pakar kesehatan. Air putih dapat melarutkan racun, lemak dan segala kotoran tubuh. Air putih juga membantu pada proses penyaringan darah oleh ginjal. Jika kondisi darah dalam keadaan baik, maka kinerja jantung juga dapat terbantu dengan baik.

8.    Hindari Rokok dan Alkohol
Jika Anda tidak dapat berhenti merokok, maka mulailah untuk mengurangi. Sebab rokok sudah jelas memberikan asupan racun dan membuat darah kurang bersih. Sedangkan konsumsi alcohol mutlak harus Anda hentikan, karena pengaruh alcohol sangat banyak dan bervariatif, baik pada kesehatan, psikologis dan kinerja otak, serta kesehatan organ saraf. Gangguan psikologis saja sudah mampu merusak stabilitas kinerja jantung. Apalagi jika ditambah dengan rusaknya organ-organ tertentu di dalam tubuh kita.

9.    Mulai dari Sekarang
Oleh karena itu, proses pencegahan penyakit jantung sebaiknya segera saja Anda mulai dari sekarang. Terapkan metode hidup sehat di atas untuk ikhtiar pencegahan penyakit jantung.


!!!
Nah, itulah cara pencegahan penyakit jantung yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaat. Amin.

!!
Jangan lupa untuk terus berkunjung dan mengikuti update terbarunya dari blog Berita Sehat Lengkap ini. Oh iya, jika Anda memiliki tips-tips yang lebih ampuh dari tips di atas, boleh dituliskan dikomentar. Selain itu juga, mohon dishare ketemen-temen Anda jika memang artikel ini sangatlah bermanfaat. Terimakasih.

!
Jangan lewatkan artikel terkait dan sebelumnya, yaitu sebagai berikut:
•    Cara Menyembuhkan Penyaakit Jantung Koroner
•    Obat Tradisional Penyakit Jantung Koroner
•    Samakah Jantung Koroner dengan Angin Duduk
•    Cara Mendeteksi Penyakit Jantung
•    Gejala Penyakit Jantung dan Cara Mencegahannya

Sekian dan Terimakasih